Selasa, 01 Oktober 2013

Pulau Baru Muncul di Pakistan Usai Gempa Besar


Gempa besar berkekuatan 7,7 SR terjadi di Pakistan pada Selasa kemarin (24/9/2013) pukul 16.29. Pusat gempa berada 20 kilometer di bawah tanah daerah distrik Awaran, provinsi Baluchistan. Jumlah korban tewas lebih dari 200 orang, namun ada yang unik dari gempa ini. Sebuah pulau baru telah muncul yang terletak di 600 meter dari garis pantai Gwadar.

Kehadiran pulau baru ini mengusik rasa penasaran warga setempat. Lebar pulau tersebut 91 meter dengan panjang 36 meter. Sementara untuk ketinggiannya mencapai 18 meter sampai 21 meter. Pulau ini keluar dari dalam air setelah ada desakan dari dasar laut ke arah permukaan.
“Terlihat sangat, sangat aneh bagi saya dan juga sedikit menakutkan karena tiba-tiba pulau sebesar ini muncul dari air,” kata Muhammad Rustam kepada AFP, seperti dikutip Detik.
Dari pantauan fotografer AFP, pulau tampak memadat. Hanya saja permukaannya dipenuhi dengan pasir, bebatuan, hingga lumpur. Terlihat pula banyak ikan yang mati karena ikut terangkat ke permukaan. Selain itu ditemukan pula ganggang laut.

Pulau kecil tersebut belum diberi nama resmi. Namun warga setempat memberi julukan “Pulau Gempa Bumi”.

0 comments:

Posting Komentar