Selasa, 18 Oktober 2011

Ombak Besar Watu Ulo Terjang Empat Rumah

Ilustrasi, ombak besar terjang rumah di pantai.
Ilustrasi, ombak besar terjang rumah di pantai.



JEMBER SURYA Online - Empat unit rumah di Dusun Watu Ulo Desa SUmberejo Kecamatan Ambulu rusak akibat diterjang ombak, Senin (17/10/2011) malam. Keempat rumah itu mengalami kerusakan di bagian dapur.
Selain merusak empat rumah itu, 10 warung yang berada di dekat pantai juga rusak serta sejumlah kandang hewan juga rusak. Bangunan yang rusak terbuat dari bambu. Terjangan ombak yang terjadi pukul 22.30 WIB dan 23.00 WIB itu juga membuat perabotan rumah tangga basah.
“Karena air laut sempat menggenangi rumah hingga setengah meter,” ujar Affandi, pembantu Kaur Kesra Desa Sumberejo kepada Surya, Selasa (18/10/2011).

Menurutnya, peristiwa yang terjadi tadi malam merupakan peristiwa yang jarang terjadi bagi warga yang bermukim di sekitar Pantai Watu Ulo tersebut. Rumah mereka diterjang ombak terakhir kali saat tsunami tahun 1994.
Affandi menuturkan, ombak yang menerjang pukul 23.00 WIB merupakan ombak yang sangat tinggi hingga mencapai empat meter dan terjadi dalam tiga kali terjangan berturut-turut. Terjangan yang pertama, ujarnya, menggenangi rumah warga.
“Lalu yang kedua menghantam dan yang ketiga membawa pasir,” tuturnya.
Akibatnya, ratusan kepala keluarga di dua RW yakni RW 39 lingkungan Payangan dan RW 40 lingkungan Karangindah Dusun Watu Ulo mengungsi ke DUsun Sumberejo yang relatif lebih aman.
Ombak tersebut ternyata menyapu dapur di rumah Arman, Mat Syafi’i, Niah dan Ismail. Ombak besar itu melanda permukiman warga hingga hampir mencapai jalan raya desa setempat. Sekitar 170  warga mengungsi  karena angin kencang masih melanda perairan laut selatan. Angin kencang membuat ombak tinggi. Nelayan Watu Ulo juga berhenti melaut hingga ombak kembali normal.

0 comments:

Posting Komentar