Senin, 24 Juni 2013

Malam Hingga Menjelang Pagi ini, Bulan Tampak Besar dan Kuning



Bulan tampak bulat utuh malam ini, kekuningan dan besar malam ini. Fenomena ini disebut Supermoon. Artinya, bulan berada di jarak terdekat dengan bumi. Saat ini, bulan berada pada jarak 357 ribu km, lebih dekat dari biasanya, 384 ribu km.

Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Jamaludin mengatakan bulan malam ini lebih besar, sekira 10 persen, dari biasanya. Warna kuningnya berasal dari pancaran cahaya yang dihamburkan atmosfir. Fenomena ini biasa hadir tiap tahunnya.

“Semua belahan bumi bisa melihat Supermoon ini, tapi akan lebih indah ketika didekat ufuk atau saat matahari tenggelam atau sebelum matahari terbit,” kata Thomas saat berbincang dengan okezone, Minggu (23/6/2013).

Namun,dia menambahkan, menjelang tengah malam, warna bulan akan memucat dan kuningnya juga akan memudar. “Sepanjang malam ini bisa dilihat dengan mata telanjang kalau memang cerah,” katanya.

Dari fenomena supermoon ini, tambahnya, tidak akan berarti apa-apa dengan kondisi alam, hanya air pasang laut biasa saja. “Karena saat ini bulan berada di jarak yang dekat ini akan berdampak air pasang maksimum, tapi tidak akan berdampak signifikan dengan keadaan alam. Air laut hanya akan melimbas sedikit ke darat. Kecuali jika ditambah dengan cuaca yang buruk bisa jadi akan ada rob, tapi sekarang ini tidak ada cuaca buruk,” paparnya.

Fenomena Supermoon ini, tambahnya, juga bisa disaksikan hingga besok. Namun, tidak sebesar dengan hari ini. “Sampai besok juga masih ada, cuma tidak lebih besar dari hari ini,” terangnya.
(hol)

Sumber : Okezone.com
Pake kode disamping emoticon kalu Agan mau komeng dengan emot dibawah ini..
:a: :b: :c: : :e: : :g: :h: :i:
:j: : :l: :m: :n: : : :q: :
: : :u: : :w: : : : " :ab:

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by : Azmara